Two Six One (TSO) Strategy
(Sri Restu Wahyuningsih, 2020)
Strategi yang saya buat kali ini adalah " Two Six One (TSO) Strategy". Keren kan?
Adapun tahapan langkah atau fase pelaksanaannya sebagai berikut:
NO
|
TAHAPAN
/ FASE
|
1.
|
Pembagian kelas menjadi dua kelompok
besar.
|
2.
|
Pembagian setiap kelompok besar menjadi tiga kelompok kecil, sehingga
ada enam kelompok kecil.
|
3.
|
Diskusi kelompok kecil
|
4.
|
Pertukaran bahan diskusi di dalam setiap kelompok besar.
|
5.
|
Diskusi satu kelas
|
Sebagai contoh pelaksanaan di lapangan, misalnya siswa berjumlah 30, dengan alat peraga kartu yang saya buat sebagai berikut:
NO
|
TAHAPAN
/ FASE
|
ILUSTRASI
TAHAPAN / FASE TWO SIX ONE (TSO) STRATEGY
|
|||||
1.
|
Pembagian kelas menjadi dua kelompok
besar.
(Misal: I dan II).
|
Kel I
(15
siswa)
|
KEL
II
(15
siswa)
|
||||
2.
|
Pembagian setiap kelompok besar menjadi tiga, sehingga ada enam kelompok kecil.
(Misal: 1, 2, 3, 4, 5, dan 6).
|
Kel 1
(5
siswa)
|
Kel 2
(5
siswa)
|
Kel 3
(5
siswa)
|
Kel 4
(5
siswa)
|
Kel 5
(5
siswa)
|
Kel 6
(5
siswa)
|
3.
|
Diskusi kelompok kecil
|
||||||
Diskusi tahap I
|
A
|
B
|
C
|
A
|
B
|
C
|
|
4.
|
Pertukaran bahan diskusi di dalam setiap kelompok besar.
|
||||||
Diskusi tahap II
|
C
|
A
|
B
|
C
|
A
|
B
|
|
Diskusi tahap III
|
B
|
C
|
A
|
B
|
C
|
A
|
|
5.
|
Diskusi satu kelas
|
Kegiatan Pembelajaran Keseluruhan sebagai berikut:
* Tanya jawab tentang pemahaman awal siswa yang berkaitan siklus batuan.
* Guru menyampaikan materi pembelajaran disertai tanya jawab.
* Dilanjutkan strategi pembelajaran Two Six One (TSO) Strategy dengan langkah / fase sebagai berikut :
1. Pembagian kelas menjadi dua
kelompok besar (I dan II)
2. Pembagian setiap
kelompok besar menjadi tiga kelompok kecil,
sehingga ada enam kelompok
kecil (kelompok 1 sd.kelompok 6).
3. Diskusi kelompok kecil.
Setiap kelompok menerima
gambar yang berbeda (gambar A sd C), misalnya kelompok 1 menerima gambar A, kelompok 2 menerima gambar B dan seterusnya.
4. Pertukaran bahan
diskusi di dalam setiap kelompok besar.
a.
Setiap kelompok
berdiskusi, menganalisis gambar yang diterima (menuliskan ciri-cirinya.
b.
Dengan waktu yang sudah
ditentukan, dilakukan pergeseran jenis kartu pada masing-masing kelompok
besarnya.
c.
Perputaran gambar hingga
setiap kelompok berkesempatan menerima 3 jenis gambar siklus batuan.
5. Diskusi satu kelas.
* Kesimpulan.
* Evaluasi/refleksi kegiatan pembelajaran.
* Penilaian.
Setiap kelompok kecil menerima semua permasalahan di dalam kelompok besar.
2. Kelas lebih terkendali.
Siswa tidak perlu berpindah tempat, tapi soalnya yang ditukar di dalam kelompok besar.
3. Lebih mudah mencapai tujuan
pembelajaran.
Sebelum diskusi kelas, ada komunikasi di dalam kelompok kecil maupun kelompok besar.
4. Menyenangkan, siswa antusias dan tidak bosan.
Adanya beragam permasalahan dan proses diskusi yang membuat mereka saling komunikasi dan
interaksi.
5. Siswa terampil 4 C.
Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation.
KELEMAHAN :
Hasil kurang optimal jika permasalahan untuk kedua kelompok besar berbeda.
Tentang strategi ini bisa di lihat di :
https://www.youtube.com/watch?v=d7dUQizzvTA&t=108s
Pembuatan media berupa alat peraga kumpulan kartu bisa dilihat di :
https://untukmukuberbagi.blogspot.com/2020/04/kumpulan-kartu-materi-siklus-batuan.html
Juga bisa dilihat di:
https://www.youtube.com/watch?v=RJU5VdBiIi4&t=276s
*** SELAMAT MENCOBA ***
KEUNGGULAN :
1. 1. Kegiatan pembelajaran dengan diskusi lebih fokus.Setiap kelompok kecil menerima semua permasalahan di dalam kelompok besar.
Siswa tidak perlu berpindah tempat, tapi soalnya yang ditukar di dalam kelompok besar.
Sebelum diskusi kelas, ada komunikasi di dalam kelompok kecil maupun kelompok besar.
Adanya beragam permasalahan dan proses diskusi yang membuat mereka saling komunikasi dan
interaksi.
Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation.
Hasil kurang optimal jika permasalahan untuk kedua kelompok besar berbeda.
Tentang strategi ini bisa di lihat di :
https://www.youtube.com/watch?v=d7dUQizzvTA&t=108s
Pembuatan media berupa alat peraga kumpulan kartu bisa dilihat di :
https://untukmukuberbagi.blogspot.com/2020/04/kumpulan-kartu-materi-siklus-batuan.html
Juga bisa dilihat di:
https://www.youtube.com/watch?v=RJU5VdBiIi4&t=276s
*** SELAMAT MENCOBA ***
Tidak ada komentar:
Posting Komentar