Jumat, 27 Juli 2018

Model Pembelajaran Make a Match









Make a Match 
(Mencari Pasangan)
Oleh: Lorna Curran, 1994

Make a match adalah salah satu model pembelajaran yang bisa kita pilih dalam mengajarkan mata pelajaran Geografi. Bisa dilaksanakan di dalam maupun di luar kelas.

Langkah-langkah:
1.   Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topik yang cocok untuk sesi   
      review, sebaliknya satu bagian kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban
2.   Setiap siswa mendapat satu buah kartu
3.   Tiap siswa memikirkan jawaban/soal dari kartu yang dipegang
4.   Setiap siswa mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya (soal 
      jawaban)
5.   Setiap siswa yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi poin
6.   Setelah satu babak kartu dikocok lagi agar tiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari 
      sebelumnya
7.   Demikian seterusnya
8.   Kesimpulan/penutup   



Catatan:
Pelaksanaan di lapangan menyesuaikan kondisi kelas (sekolah) dll, sehingga guru bisa menggunakan strategi yang tepat.

Beberapa strategi yang saya lakukan:
1. Disampaikan kepada siswa, sangat diperlukan sportifitas dalam pelaksanaan model pembelajaran.
2. Penyiapan kartu oleh siswa (peserta didik),untuk lebih melatih siswa "menanya dan mencari 
    jawabannya sekaligus".
3. Warna kartu soal dan jawaban berbeda atau diberi kode berbeda, untuk mempercepat proses 
    pencarian pasangan.
4. Siswa dibariskan dengan jumlah yang seimbang untuk soal dan jawaban, supaya lebih rapi dan 
    terarah.
5. Setelah siswa menemukan pasangan, kartu ditempel di tempat tertentu yang bisa dilihat jelas oleh 
    seluruh siswa, dengan tempat yang berurutan.
6. Masing-masing pasangan membaca kartunya secara bergantian, seluruh siswa menyimak dengan 
    baik.
7. Selain pemberian poin (reward) bagi yang lebih cepat, juga pemberian hukuman (yang mendidik) 

    bagi yang melewati batas waktu atau memilih pasangan yang salah.
8. Dilakukan tes/kuis terkait materi.




DOKUMENTASI:
Pelaksanaan di kelas XII MIPA-1
27 Juli 2018, jam ke 9-10

1. Pembuatan kartu soal-jawaban


2. Menerima kartu soal-jawaban

3. Mencari pasangan





4. Membaca secara bergantian
5. Pemberian sangsi
Di kelas ini, diberikan sangsi karena mereka salah memilih pasangan.




Berbagai kelebihan:
1. Siswa senang
2. Siswa konsentrasi
3. Dalam waktu singkat, bisa dikuasai banyak materi

Selamat mencoba...pasti seru dan menyenangkan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar