Minggu, 26 April 2020

CONTOH DESKRIPSI PEMBUATAN MEDIA / ALAT PERAGA

DESKRIPSI PEMBUATAN
DAN PENGGUNAAN MEDIA/ALAT PERAGA
KUMPULAN KARTU


Jenjang         :  SMA
Nama Sekolah :  SMA Negeri 3 Bojonegoro
Kelas / Semester :  X / Ganjil
Kurikulum :  Kurikulum 2013
Kompetensi Dasar :  3.5 Menganalisis dinamika litosfer dan dampaknya terhadap kehidupan.
Indikator          :  1. Menganalisis siklus batuan.
Jenis Media :  Enam kartu gambar yang terdiri atas tiga jenis gambar yang sama.
Pembuat Media :  Dra. Sri Restu Wahyuningsih, M.MPd.
Biaya Pembuatan :  Mandiri.
Bahan dan Alat         :  Kertas manila/bufalo berwarna, plastik, isolasi , komputer/Lap top.
Sumber                  :  Buku yang relevan, Internet.
Langkah pembuatan :
1. Memilih tiga macam gambar siklus batuan yang berbeda
        (sumber dari buku dan internet).
2. Menuangkan dalam komputer/laptop.
3. Mencetak  masing-masing sejumlah dua lembar.
        Menggunakan kertas warna berbeda untuk jenis gambar yang berbeda.
4. Menggunting sesuai ukuran.
5. Melapisi guntingan/potongan kartu dengan plastik.
Penggunaan Media :  Pada kegiatan inti.
Tujuan Pembuatan Media :
1. Siswa lebih mudah memahami materi dan dapat mencapai tujuan pembelajaran.
2. Siswa belajar dengan senang.
3. Siswa lebih termotivasi dan tertarik untuk mempelajari materi.
4. Membantu guru dalam pembahasan materi.
5. Menambah nilai kinerja guru.
Nilai Karakter :  Religius, disiplin, jujur, gemar membaca.                                             

Kegiatan Pembelajaran :
A. Tanya jawab tentang pemahaman awal siswa yang berkaitan siklus batuan.
B. Guru menyampaikan materi pembelajaran disertai tanya jawab.
C. Dilanjutkan strategi pembelajaran Two Six One (TSO) Strategy dengan langkah / fase sebagai
        berikut :

          1. Pembagian kelas menjadi dua kelompok besar (I dan II)
          2. Pembagian setiap kelompok besar  menjadi tiga kelompok kecil,
              sehingga ada enam kelompok kecil (kelompok 1 sd.kelompok 6).
          3. Diskusi kelompok kecil.
              Setiap kelompok menerima gambar yang berbeda (gambar A sd C), misalnya kelompok 1
              menerima gambar A, kelompok 2 menerima gambar B dan seterusnya. Bisa dilihat pada tabel                        tahap 1 berikut ini.


         4. Pertukaran bahan diskusi  di dalam setiap kelompok besar.
                    a. Setiap kelompok berdiskusi, menganalisis gambar yang diterima (menuliskan ciri-cirinya.
                    b. Dengan waktu yang sudah ditentukan, dilakukan pergeseran jenis kartu pada masing-masing
                        kelompok besarnya. Dapat dilihat pada tabel tahap 2 berikut ini.
     
 
                c. Perputaran gambar hingga setiap kelompok berkesempatan menerima 3 jenis gambar siklus     
                    batuan.
                    Tahap 3 (akhir) nampak pada tabel berikut ini.


          5. Diskusi satu kelas.

D. Kesimpulan.
E. Evaluasi/refleksi kegiatan pembelajaran.
F. Penilaian.


Gambar  :









                                                                                             Bojonegoro, 31  Maret  2020
                     Mengetahui,
          Kepala SMAN 3 Bojonegoro                                                   Hormat saya




           Drs. SIGIT HERTADI, M.M                   Dra. SRI RESTU WAHYUNINGSIH, M.MPd
             NIP. 196101081986031006                                     NIP. 196701231998022002










Tidak ada komentar:

Posting Komentar